Pendaftaran Balon Kades Desa Mulyo Asri Tahun 2019

Ditulis : Rabu, 2019-10-09 - 11:42:42

Pendaftaran Balon Kades Desa Mulyo Asri Tahun 2019

Mulyo Asri- Pendaftaran Calon Kepala Desa (Kades) Mulyo Asri, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur, telah dibuka sejak tanggal 5 - 12 September 2019. Sejumlah pihak mendaftar untuk menjadi orang nomor satu di Desa Mulyo Asri. Sampai hari ke 7 ini ada 4 Balon Kades telah mendatangi Kantor Sekretariat Pemilihan Kepala Desa untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon (balon) dalam perhelatan pemilihan Kades Periode 2020-2026.

Dalam masa pendaftaran Balon Kades, yang mendaftarkan diri sebagai Calon Kades Desa Mulyo Asri. Sularmo, Agus Triwanto, Suyitno dan Sumadi telah mencalonkan diri  sebagai Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) dalam Pemilihan Kepala Desa Periode 2020-2026.

Ke 4 Balon Kades tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda antaranya Agus Triwanto seorang Sopir Truk/Bos/Agen Singkong, Sularmo seorang Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Bumi Agung, Sumadi seorang pengusaha/Bos Travel Swadaya, sedangkan Suyitno seorang Petani atau Kepala Desa saat ini (incumbent/Petahana) yang mencalonkan diri kembali sebagai Kepala Desa Mulyo Asri Periode 2020-2026.

Sementara itu, terkait verifikasi berkas pendaftaran Bakal Calon Ketua Panitia Pemilihan Kades Mulyo Asri Eko Winarto menjelaskan, panitia dalam hal ini melakukan verifikasi tahapan pendaftaran mengacu kepada payung hukum Perbup Nomor 23 tahun 2019.

“Segala sesuatu sudah disampaikan oleh bakal calon, ini mungkin harus menjadi syarat pendaftaran yang selanjutnya kita akan kaji lagi apa yang menjadi kekurangan. Kita di panitia seluas luasnya memeberikan informasi untuk kepentingan bakal calon,” jelasnya.

Eko Winarto menambahkan, persyaratan kekurangan tentunya harus dilengkapi. Antara lain, syarat yang kurang dari pendaftaran hari ini seperti Syarat Lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani serta bermaterai. Selanjutnya surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa bermaterai. Ditambah syarat pernyataan siap dicalonkan menjadi kepala desa yang ditandatangani bermaterai. Surat dari ketua pengadilan yang dikeluarkan pengadilan bahwa yang bersangkutan berdomisili.

“Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh RS Pemerintah melalui pemeriksaan. Surat SKCK dari kepolisian,” jelasnya.

Menariknya, dalam Pemilihan Kepala Desa Mulyo Asri tahun ini beda dari tahun 2012 yang lalu, hanya diisi oleh 2 calon saja, sedangkan di tahun ini sedikit lebih banyak dengan 4 orang Balon Kades yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa.

Penetapan Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) menjadi Calon Kades sekaligus undian penentuan Nomor Urut Calon Kades akan dilaksanakan pada hari kamis, 10 Oktober 2019.(Admin)

MULYO ASRI